Pemeriksaan

August 10, 2011

Kadang kala dokter membutuhkan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan laboratorium, rontgen, MRI/CT scan atau EMG untuk memastikan penyebab nyeri pinggang, dan untuk menyingkirkan adanya penyakit yang serius seperti infeksi, tumor, fraktur, penekanan pada saraf atau HNP.

Penyembuhan

19_Functional_screen250Sebagian besar rasa nyeri atau sakit pinggang dapat hilang dengan melakukan terapi Rehabilitasi konvensional (pasif) seperti pemanasan dan ultra sound. Namun, terapi pada nyeri pinggang yang terbaik adalah bila dilakukan Rehabilitasi aktif : selain menghilangkan nyeri, tujuannya menguatkan otot serabut (core muscles) sekitar tulang belakang (spine), mengembalikan koordinasi otot, fleksibilitas otot , fungsi otot dan kekuatan otot sehingga dapat mencegah timbulnya rasa nyeri/sakit kembali.

  1. Istirahat: istirahat yang terlalu lama akan menyebabkan otot menjadi lebih kaku dan bertambah nyeri/sakit. Segeralah mulai beraktivitas kembali.
  2. Kompres, ultrasound, electrical stimulation.
  3. Pemberian kompres dingin atau hangat, dapat meredakan nyeri, mengurangi inflamasi dan kekakuan. Kompres dingin pada daerah nyeri beberapa kali sehari selama 20 menit. Setelah beberapa hari berikan kompres hangat untuk merelaksasikan otot dan melancarkan peredaran darah. Jangan lebih dari 1-2 hari. Segera mulai beraktivitas untuk mempercepat penyembuhan.
  4. Obat-obatan. Obat-obatan penghilang rasa sakit, dan peradangan akan mengurangi nyeri untuk sementara waktu dan harus dilanjutkan dengan pelatihan rehabilitasi aktif.
  5. Rehabilitation aktif : Untuk mempercepat penyembuhan rasa nyeri atau sakit perlu diadakan pelatihan (excercises) Rehabilitasi aktif degan tujuan menguatkan serabut otot ( core muscles) penyangga tulang belakang (Spine) dan otot-otot abdomen (perut), serta memperbaiki postur tubuh yang miring ataupun bungkuk.

Pelatihan Rehabilitasi aktif ini dilakukan dengan alat-alat pelatihan Medis bernama DBC (Documentation Based Care) yang dirancang oleh Dr. SIMO TAIMELA (dari Finlandia) dengan berbagai macam module pelatihan terapi aktif, sesuai dengan rasa nyeri atau sakit yang disebabkan oleh cedera pada Pinggang (Back), Leher ( Neck), Pundak ( Shoulder), Pinggul ( Hip) , Lutut ( Knee) maupun masalah pada Tungkai Kaki (Ancle).

Terapi Alternatif

Kini banyak ditawarkan terapi-terapi alternatif untuk penanganan nyeri pinggang, seperti Chiropractic , Acupuncture, Massage, dll. Konsultasikanlah dulu kepada Dokter Anda akan efektivitas dan keamanan terapi tersebut sebelum Anda melakukannya.

Comments are closed.