Sakit Pinggang

August 10, 2011

Nyeri Pinggang

Tentunya setiap orang sekali waktu dalam hidupnya pernah mengalami nyeri pinggang. Nyeri atau sakit pinggang dapat terjadi pada siapa saja, terutama pada usia 30-50 tahun keatas, ketika saat ber-olahraga (cedera olahraga), melakukan pekerjaan rumah tangga sehari-hari, maupun ketika bangun tidur.

Gejala Nyeri Pinggang

24_Range_screen250Gejala nyeri atau sakit pinggang dapat bervariasi dari rasa pegal (encok), rasa kesemutan pada kaki; rasa nyeri menusuk atau rasa nyeri yang menjalar ke paha dan betis belakang hingga ke tungkai kaki; sehingga pasien mengalami kesulitan berjalan atau menggerakkan tubuhnya.

Sering kali nyeri itu hilang dalam beberapa hari dengan beristirahat dan minum obat penghilang rasa sakit (pain killer), namun, nyeri akan timbul lagi, kadangkala menetap atau bertambah berat. Bila tidak ditangani dengan benar nyeri pinggang akut dapat menjadi kronik dan mengganggu aktivitas dan bekerja.

Tulang Belakang

Punggung kita terdiri elemen-elemen tulang, otot, ligamen, tendon dan cakram yang saling berkaitan dan berfungsi untuk menopang berat badan, menjaga posisi tubuh agar tegak dan melindungi saraf spinal. Cakram tulang belakang adalah suatu bantalan diantara segmen-segmen tulang belakang tersebut yang kadang kala bergeser menekan saraf spinal (HNP), yang mana menimbulkan rasa sakit atau nyeri sekali pada punggung atau pinggang.

Comments are closed.