Ramsay Spine Center

April 10, 2012

RS. Premier Bintaro Total Atasi Masalah Tulang Belakang

Tulang belakang manusia merupakan organ tubuh yang amat vital. Tulang tersebut berfungsi menopang berat badan. Berkat tulang belakang, manusia pun dapat berdiri tegak dan berjalan stabil dengan dua kakinya.

Dengan fungsinya yang sangat penting, tak pelak lagi, ketika tulang belakang terganggu akan berdampak buruk. Biasanya gangguan tulang belakang ditandai dengan nyeri di bagian leher (neck pain) dan nyeri pada bagian pinggang bawah (low back pain).

Dokter Spesialis ortopedi tulang belakang , DR. dr. Luthfi Gatam, SpOT, (K-Spine) dari Ramsay Spine Center RS. Premier Bintaro mengatakan banyak orang kerap mengeluh sakit pinggang, “namun mereka tidak sepenuhnya mengerti apa sesungguhnya penyebab penyakit tersebut” katanya.
Mereka yang mengeluh sakit pinggang memang melakukan pemeriksaan diri ke rumah sakit. Tetapi terkadang pasien tersebut tidak mendapat hasil yang sesuai harapan. Penyebabnya tak lain adalah penatalaksanaan yang tidak tepat.

Begitu kompleksnya struktur tulang belakang, maka diperlukan pendekatan multidisiplin dari berbagai spesialistik untuk menentukan penyebab serta penanganan yang tepat. Dengan alasan itu, RS. Premier Bintaro mendirikan Ramsay Spine Center. “Kami ingin melakukan pengobatan dan pengelolaan tulang secara terpadu di Indonesia, selain itu bertujuan agar pasien mendapat penanganan yang komprehensif” lanjut dr. Luthfi

Team Ramsay Spine Center sendiri terdiri dari 5 dokter spesialis yaitu: dokter Spesialis Tulang Belakang (DR. dr. Luthfi Gatam, SpOT, (K-Spine), Spesialis Rehabilitasi Medik (dr. Peni Kusumastuti, SpRM), dokter Spesialis Saraf (dr. Dharmawan, SpS dan dr. Tuti Suwirno Zacharia, SpS), serta Spesialis Radiologi (dr. Riris Himawati, SpRad)

“Sebagian besar problem tulang belakang tidak memerlukan terapi operatif, tapi cukup dengan mengikuti berbagai program yang telah disediakan yaitu fisioterapi dan terapi Documentation Based Care (DBC)” kata dr. Peni.

Sejak didirikan pada September 2007, Ramsay Spine Center RS. Premier Bintaro telah menangani lebih dari 1554 pasien tulang belakang dengan tingkat keberhasilan yang cukup tinggi.

Sebanyak 290 kasus diantaranya ditangani dengan tindakan operatif dengan rincian, 96 kasus tindakan operatif terbuka dan 293 kasus dengan tindakan minimal invasif. Sementara itu sebanyak 1261 kasus ditangani dengan tindakan non operatif/konservatif, dengan rincian 367 kasus dengan terapi Documentation Based Care (DBC), dan sisanya dengan terapi obat-obatan serta exercise.

Istimewanya menurut dr. Peni, dengan program DBC selama 6 minggu, lebih dari 80 persen kasus dengan keluhan nyeri tulang belakang, menunjukkan pengurangan rasa nyeri hingga lebih dari 50 persen.”Kondisi ini adalah suatu keberhasilan yang memungkinkan pasien bisa menjalani aktivitasnya kembali secara normal” katanya.

Untuk tindakan secara operatif, keputusan tersebut diambil oleh tim Ramsay Spine Center secara cermat. Tindakan operasi tulang belakang yang dilakukan antara lain Artificial Disc Replacement, Spine Fusion, Scoliosis Reconstruction, Endoscopic Disectomy, Vetebroplasty, Pulse Radio Frequency, dan Coblation.

Kebanyakan pasien menganggap bahwa operasi tulang belakang adalah tindakan yang berbahaya dan timbul kekhawatiran tindakan operasi justru akan membuat kondisinya memburuk. Padahal kini sudah saatnya kekhawatiran tersebut perlu dihilangkan. Karena selain didukung peralatan berteknologi mutakhir, dalam melakukan tindakan operasi tulang belakang, Ramsay Spine Center memiliki para ahli yang melakukan diagnosa bersama dan mengawasi fungsi saraf demi keamanan pasien agar tercapai hasil operasi yang optimal.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
Ramsay Spine Center
RS Premier Bintaro
Jl. MH Thamrin No. 1 Sektor 7 Bintaro Jaya
Tangerang
Ph: 021-7455500 ext 2511 dengan Susilo
www. ramsayspinecenter.com

Comments are closed.